Sunday, May 13, 2012

TIPS EFEKTIF SUBMIT SITEMAP

Untuk melakukan submit sitemap sebuah blog, tentunya kita harus sudah mendaftarkan blog kita pada search engine, terutama Google, Yahoo! dan Bing.

Masuk ke halaman situs webmaster dari ketiga search engine. Selanjutnya klik sebuah blog, dan silahkan masuk ke halaman submit sitemap. Untuk Google, masuk ke “Site configurations” –> “Sitemap”, untuk Yahoo! masuk ke “Feed”, dan untuk Bing masuk ke “Sitemap”.

Di sini yang perlu diperhatikan, karena ada tips dan trik tersendiri agar SEMUA artikel pada blog kita bisa secara efektif terindeks oleh search engine. Sebab, kalau kita hanya memasukkan alamt feed default yang ada di blog kita, misalnya blog ini feed defaultnya feeds/posts/default atau lengkapnya http://zonsdigital.blogspot.com/feeds/posts/default, maka yang terindeks oleh search engine tidak semuanya, hanya sekitar 20 halaman paling baru. Kan sayang kalau blog kita sudah banyak artikelnya, artikel yang lama tidak lagi terindeks.

Sitemap Blog di Blogger

Untuk blog di Blogger, masukkan alamat feed seperti ini sebagai sitemap:
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Alamat itu untuk feed dengan jumlah artikel di bawah 500 halaman. Kalau lebih dari 500, tambahkan lagi alamat sitemap untuk setiap kelipatan 500, misalnya untuk jumlah halaman sampai dengan 1500, masukkan 3 alamat ini sebagai sitemap:


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500
Sekedar untuk membandingkan, bisa dilihat pada screenshot di bawah ini yang menunjukkan jumlah halaman yang terindeks oleh search engine dari sitemap dengan cara seperti di atas dibandingkan dengan sitemap default:



Sitemap Blog di WordPress.com

Untuk blog di wordpress.com, cukup masukkan alamat ini sebagai sitemap:
sitemap.xml
Sitemap tersebut sudah lengkap mencakup semua link artikel dan  juga semua halaman statis (static pages) yang ada pada blog. di wordpress.com.
Setelah kita lakukan submit sitemap, search engine perlu beberapa saat untuk meng-indeks halaman blog. Jadi tidak langsung bisa dilihat hasilnya. Tunggu saja beberapa saat. Nggak lama lah… ;) Search engine perlu bimbingan:P    


ads

Ditulis Oleh : Muhammad D Setiawan Hari: 1:12 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Visitor This Day

Stat

Guest Book