Wednesday, May 16, 2012

TENTANG YGGDRASIL - POHON DUNIA

Setelah berjuang mencari foto Ayu-chin JKT 48 ( Penuh perjuangan coz selalu ga bisa ngepost  :,D ) dan mempostingnya kali ini saya akan memposting hal hal yang berhubungan dengan tema blog ini kembali. Yaitu Yggdrasil yang dimaknakan sebagai Pohon Dunia.


Mitologi Nordik atau dalam bahasa Inggris, “Norse Mythology” merupakan sebuah kepercayaan masyarakat Eropa Utara yang terdiri dari Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia, sebelum kedatangan agama Kristen.

Dalam mitologi Nordik, di dunia ini terdapat sembilan dunia yang  dihubungkan oleh pohon bernama Yggdrasil. Konon diceritakan, pohon Yggdrasil merupakan pusat dunia, sementara cabang-cabang dan akar-akarnya terdapat dunia-dunia yang berbeda.


Dunia pertama disebut
Asgard, di dunia ini hiduplah para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Dunia Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dilalui oleh Mata air Urd.

Dunia kedua adalah
Vanaheim, dunia ini dikenal sebagai dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan dunia Asgard di lingkungan para Dewa.

Anda masih ingat kisah lord of the ring? Ingatkah sosok Elf? Menurut mitologi nordik mereka berada di Dunia ketiga atau dunia
Alfheim, dikenal sebagai dunia para elf atau ras Dewa kecil yang membantu dan pengatur kesuburan.
 
Dunia keempat adalah dunia Midgard, di dunia inilah manusia hidup dan tinggal, sifat bagi mereka yang tinggal di dunia Midgrad  adalah makhluk yang tidak abadi

Dunia kelima
Jötunheimr dikenal dengan dunia para Jotun atau para raksasa, suasana di dunia ini seperti dunia manusia namun ukuran mereka lebih besar dan diceritakan pula bahwa kerap manusia dari dunia Migrad tersesat ke dunia ini.

Svartálfheim
merupakan dunia keenam atau disebut juga dunia para Svartálfar dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Swart elfs juga memiliki nama lain Dökkálfar atau dalam bahasa Inggris disebut Dark elfs yaitu kaum elf dari kegelapan, mereka adalah elf yang memiliki niat jahat, yang akan mencuri informasi.

Niddhavellir
merupakan dunia ketujuh disebut juga dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam

Niflheim
merupakan dunia bawah tanah yang dingin. Ini merupakan dunia kedelapan, dikenal sebagai rumah para Jotun Es (raksasa es) yang dikuasai oleh Hel, sang pemimpin Jotun Es, saudara perempuan Loki

Muspell atau Muspellheim
merupakan dunia api yang juga merupakan dunia kesembilan, dan merupakan rumah bagi Surt, jenis raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api.

Yah, demikian sembilan mitologi nordik yang populer sejak masa leluhur bangsa Eropa bagian Utara. Bahkan hingga sekarang, tak jarang mitologi leluhur mereka ini masih banyak yang menginspirasi untuk menjadikannya sesuatu yang unik dalam bentuk beragam ekspresi, seni, benda unik, termasuk karya film dan animasi. Pada Manga " Oh My Goddess ", Yggdrasil merupakan markas para dewa yang mana tokoh utamanya Bernama Belldandy, Skuld, dan Urd, Sedangkan pada gameplay Atlantica Online (Belldandy = Verdandi), Ketiga Tokoh tersebut menjadi Boss Monster Bersama Hel.

ads

Ditulis Oleh : Muhammad D Setiawan Hari: 11:56 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Visitor This Day

Stat

Guest Book