Thursday, November 24, 2011

The Lightning Catatumbo

The Lightning Catatumbo (dalam bahasa Spanyol Relámpago del Catatumbo) adalah sebuah fenomena atmosfer di Venezuela. Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela terjadi secara ketat di area yang berlokasi di muara Sungai Catatumbo bermuara ke Danau Maracaibo.


Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela terjadi selama 140-160 malam setahun, 10 jam per hari dan hingga 280 kali per jam. Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela terjadi di sekitar Danau Maracaibo.
Setelah muncul terus menerus selama berabad-abad, petir tidak terlihat selama beberapa bulan antara bulan Januari dan April 2010, tampaknya akibat kekeringan, menimbulkan kekhawatiran bahwa mungkin telah padam permanen.
Petir Catatumbo biasanya terjadi antara koordinat 8 ° 30 'dan 9 º 45' lintang utara dan 71 º dan 73 º W.
Badai petir kemungkinan merupakan hasil dari angin yang bertiup di Danau Maracaibo dan sekitar dataran rawa. Massa udara ini pasti memenuhi punggung gunung Andes, Pegunungan Perijá (3.750 m), dan Mérida's Cordillera. Panas dan kelembaban dikumpulkan di dataran menciptakan muatan listrik sehingga hampir mengakibatkan aktivitas badai terus-menerus.
Petir tersebut cenderung memulai sekitar satu jam setelah senja.
Antara tahun 1966 dan 1970, ilmuwan Andrew Zavrostky dengan bantuan dari Universitas Los Andes membuat tiga ekspedisi yang menyimpulkan bahwa area tersebut akan memiliki beberapa pusat gempa di rawa-rawa dari Taman Nasional Rawa Juan Manuel de Aguas, Claras Aguas Negras dan barat Danau Maracaibo, dan pada tahun 1991 ia menyarankan bahwa Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela terjadi karena pertemuan arus udara dingin dan hangat sekitar kawasan. Penelitian terhadap Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela juga berspekulasi bahwa penyebabnya mungkin juga karena kehadiran uranium di batuan dasar.
Antara tahun 1997 dan 2000 Nelson Falcon melakukan beberapa ekspedisi dan menghasilkan model mikrofisika pertama dari Lightning Catatumbo yang mengidentifikasi metana yang dihasilkan oleh rawa-rawa dan deposit minyak di daerah tersebut sebagai penyebab utama dari fenomena tersebut.
Fenomena Petir Catatumbo di Venezuela menjadi sangat terkenal itu digambarkan dalam bendera dan lambang negara bagian Zulia, yang berisi Danau Maracaibo, dan disebutkan dalam lagu kebangsaan negara tersebut.

ads

Ditulis Oleh : Muhammad D Setiawan Hari: 7:09 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Visitor This Day

Stat

Guest Book