1. MV Doña Paz
Jumlah korban : 4.375 org
Doña Paz adalah kapal ferry penumpang
yg tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” pada
tanggal 20 Desember 1987. Saat itu kapal sedang melakukan perjalanan
dari kepulauan Samar – Filipina. Ketika berada di selat Tablas diantara
pulau Mindoro dan Tablas kapal bertabrakan dengan kapal tangker “Vector”
yg sedang membawa 8.800 barel minyak. Muatan dari kapal tangker itu
langsung terbakar dan menyambar Doña Paz. Saking ganasnya api Doña Paz
tenggelam hanya beberapa menit kemudian.
Meskipun pernyataan resmi dari pihak berwenang jumlah penumpang adalah 1.568 org (meski kapasitas maksimum kapal hanya 1.518 org) tapi dari berbagai kesaksian korban selamat saat itu kapal benar-benar kelebihan muatan dan akhirnya diketahui jumlah korban tewas adalah 4.375 org. 21 org korban selamat karena bisa berenang menjauhi kapal dan tidak ada waktu untuk menurunkan sekoci penyelamat. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kru kapal tidak bisa memenuhi standar keamanan dan ijin pengoperasian kapal ternyata sudah habis. Musibah Doña Paz sampai saat ini menjadi kejadian kecelakaan laut terburuk dalam sejarah.
2. Halifax Explosion
Jumlah korban : 1.950 org
Jumlah korban : 1.950 org
Ledakan Halifax terjadi pada hari
Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax, Nova Scotia-Kanada hancur
lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah kapal kargo Prancis
“Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi mesiu dan bahan peledak
untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal Norwegia “The Narrows” di salah
satu bagian pelabuhan Halifax.
Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan
runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian.
Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai
sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan
konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek
ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu
pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan
membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya. Gambar
diatas adalah situasi setelah terjadinya ledakan.
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
3. MV Joola
Jumlah korban : 1.863 org
MV Le Joola adalah kapal ferry
penumpang milik pemerintah Senegal yg tenggelam di dekat pantai wilayah
Gambia pada tanggal 26 September 2002. Sebenarnya kapal ini berkapasitas
580 org tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2000 orang yg berada
diatas kapal.
Panggilan radio terakhir dari kru kapal pada pukul 10:00 malam
mengabarkan bahwa kondisi pelayaran berlangsung dengan baik. Seperti
dalam film Titanic, para penumpang sedang asyik berpesta dan berdansa
ditengah alunan grup band kapal. Sekitar pukul 11:00 malam kapal mulai
memasuki wilayah badai di laut Gambia dan ditengah ombak besar dan angin
kencang kapal tenggelam dengan cepat memuntahkan para penumpang dan
muatannya ke tengah lautan.
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Laporan saksi mata menyebutkan bahwa kejadian ini hanya berlangsung selama 5 menit dan hanya satu sekoci penyelamat yg berhasil diturunkan dengan cuma 25 org penumpang selamat didalamnya.
4. Sultana
Jumlah korban : 1.800 org
Kapal uap Sultana adalah kapal
penumpang yg melayari sungai Mississippi, hancur dalam sebuah ledakan
pada tanggal 27 April 1865. Peristiwa ini tercatat sebagai tragedi
terburuk dalam dunia maritim di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.800 dari
2.400 penumpang kapal terbunuh saat salah satu dari empat boiler
(tungku pemanas) meledak, Sultana tenggelam tidak jauh dari Memphis –
Tennessee. Sebagian besar penumpang adalah bekas tahanan dari pasukan
Konfederasi yang dikirim kembali ke rumah mereka. Ledakan akibat
kebocoran dan kurangnya perawatan dari tungku pemanas menyebabkan
hancurnya separuh badan kapal dan batu bara panas yg beterbangan
membakar habis sisa badan kapal.
5. RMS Titanic
Jumlah korban : 1.517 org
Jumlah korban : 1.517 org
RMS Titanic adalah sebuah kapal
penumpang kelas berat yg dimiliki perusahaan pelayaran White Star Line.
Pada tanggal 14 April 1912 dalam pelayaran perdananya , Titanic menabrak
sebuah iceberg (gunung es) dan tenggelam 2 jam 40 menit kemudian. Pada
saat pertama kali diluncurkan Titanic menjadi kapal uap penumpang
terbesar di dunia. Titanic dibangun dengan teknologi paling baru pada
masa itu dan diiklankan sebagai kapal yg “tidak akan bisa tenggelam”
dalam brosur-brosur promosinya. Tragedi Titanic sangat mengguncang dunia
karena disamping kapal yg “canggih” kru kapal jg terdiri dari
orang-orang yg sangat berpengalaman, namun korban yg tewas masih sangat
besar. Tragedi ini kemudian merubah hukum-hukum maritim di dunia dan
penemuan bangkai kapal pada tahun 1985 semakin membuat musibah Titanic
menjadi legenda sampai saat ini.
6. RMS Empress of Ireland
Jumlah korban : 1.012 org
Jumlah korban : 1.012 org
RMS Empress of Ireland adalah kapal
penumpang lintas samudra yg dibuat pada tahun 1905-1906. Pada tanggal 28
Mei 1914 kapal ini berangkat dari Quebec-Kanada menuju
Liverpool-Inggris mengangkut 1.477 penumpang dan awak kapal. Henry
George Kendall adalah kapten kapal yg baru dipromosikan pada awal bulan
dan saat itu pertama kali dia memimpin kapal melalui terusan dekat
Pointe-au-Père – Quebec ditengah hadangan kabut tebal. Pada pukul 02:00
sebuah kapal Norwegia “Storstad” menabrak samping kapal. Storstad
sendiri tidak tenggelam namun Empress of Ireland dengan kerusakan sangat
parah pada bagian kanan lambung langsung dipenuhi air, terbalik dan
tenggelam hanya dalam waktu 14 menit beserta 1.012 penumpang dan
awaknya.
7. MS Estonia
Jumlah korban : 852 org
Jumlah korban : 852 org
MS Estonia sebelumnya bernama MS
Viking Sally (–1990), MS Silja Star (–1991), dan MS Wasa King (–1993)
adalah kapal ferry buatan Jerman tahun 1979. Musibah MS Estonia terjadi
pada tanggal 28 September 1994 saat berlayar menyeberangi Laut Baltik
dalam perjalanannya dari Tallinn-Estonia menuju Stockholm-Swedia. Saat
itu kapal membawa 989 penumpang dan awak kapal.
Pada pukul 01:00 tanda-tanda akan terjadinya musibah berawal dari
bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari
pemeriksaan pada “bow visor” (bagian ujung kapal yg bisa dibuka-tutup
untuk masuknya barang atau kendaran ke dalam kapal) tidak terlihat
adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari
ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul
01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire,
laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di
dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru
terdengar tanda bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci
penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring
sekitar 30° – 40° ke kanan mengakibatkan hampir tidak mungkin bisa
berjalan dengan aman di dalam tubuh kapal.
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat adalah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan. 8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
Pintu dan aula berubah menjadi jebakan maut. Mereka yg berhasil selamat adalah orang-orang yg saat itu sudah berada diatas geladak kapal. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan. Dari total 989 penumpang dan awak kapal hanya 137 org yg bisa diselamatkan. 8. SS Eastland
Jumlah korban : 845 org
S.S. Eastland adalah kapal penumpang
dari Chicago yg digunakan untuk tur wisata. Pada tanggal 24 Juli 1915
kapal ini bersama dengan dua kapal uap lainnya “The Theodore Roosevelt”
dan “The Petoskey”, disewa untuk mengangkut para pegawai Chicago’s
Western Electric Company berlibur ke Michigan City – Indiana. Bagi para
pegawai ini adalah momen yg sangat mereka nantikan karena kebanyakan
dari para pekerja ini tidak akan mampu untuk berlibur dengan biaya
sendiri (pd masa itu Amerika sedang dilanda resesi ekonomi). S.S.
Eastland rupaya mengangkut terlalu banyak sekoci penyelamat di bagian
atas kapal yg membuat kapal ini menjadi tidak stabil.
Pagi itu pukul 6:30 para penumpang mulai menaiki kapal dan pada pukul
7:10 kapal sudah terisi dengan 2752 penumpang (kapasitas maksimumnya).
Saat para karyawan itu mulai turun ke bawah geladak pada pukul 7:28
kapal tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam
sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan
segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas
merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak
orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja
membuat ratusan orang terperangkap dibawah air. 841 penumpang dan 4
orang kru kapal tewas dalam musibah ini. Sebagian besar korban adalah
wanita dan anak-anak.
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
9. HMS Birkenhead
Jumlah korban : 460 org
HMS Birkenhead adalah salah satu kapal
dengan lambung besi pertama yg dibuat untuk angkatan laut kerajaan
Ingris (Royal Navy). Pertama kali dirancang sebagai kapal frigate tetapi
sebelum diresmikan diubah menjadi kapal pengangkut pasukan.
Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal
ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia
sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para
prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita
dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org
dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini
menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur
penyelamatan musibah laut.
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
10. KMP Tampomas II
Jumlah korban : 431 org
Kecelakaan pelayaran nasional yang
paling tragis di Indonesia adalah tenggelamnya kapal motor penumpang KMP
Tampomas II di sekitar kepulauan Masalembo – Laut Jawa. KM Tampomas II
terbakar di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981.
Tampomas II berlayar dari Jakarta menuju Sulawesi dengan membawa puluhan kendaraan roda empat, sepeda motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan mengatakan total penumpang di kapal tersebut adalah 1442 orang (perkiraan tambahan penumpang gelap). Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal 25 Januari beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran.
Para kru melihat dan gagal memadamkannya dengan tabung pemadam
kebakaran portable. Api menjalar ke dek lain yang berisi muatan yang
mudah terbakar, asap menjalar melalui jalur ventilasi dan tidak berhasil
ditutup. Api semakin menjalar ke kompartemen mesin karena pintu dek
terbuka. Selama dua jam tenaga utama mati, generator darurat pun gagal
dan usaha memadamkan api seterusnya sudah tidak mungkin.
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan.
Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar adalah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut adalah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.
Di tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar.
Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan.
Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar adalah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut adalah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.
aksesdunia.com
0 comments:
Post a Comment